Inspektorat Kabupaten Probolinggo

40 Wanita Nelayan Binor Dilatih Olahan Hasil Perikanan Draft Lihat Sunting Hapus

40 Wanita Nelayan Binor Dilatih Olahan Hasil Perikanan  Draft  Lihat  Sunting  Hapus

PAITON – Sedikitnya 40 orang wanita nelayan yang ada di pesisir pantai di Desa Binor Kecamatan Paiton mendapatkan pelatihan pengolahan hasil perikanan dari Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Probolinggo, Rabu (14/9/2016) di kediaman Kepala Desa Binor Hostifawati.

Selain di Desa Binor, pelatihan yang dimaksudkan sebagai pemberdayaan wanita nelayan ini juga akan dilakukan di Desa Asembakor Kecamatan Kraksaan, Desa Sukokerto Kecamatan Pajarakan, Desa Klaseman Kecamatan Gending, Desa Randuputih Kecamatan Dringu, Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih dan Desa Curah Dringu Kecamatan Tongas.

Kepala Diskanla Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Wahid Noor Azis mengungkapkan pelatihan ini bertujuan memberikan peluang usaha tambahan bagi wanita nelayan sehingga dapat membantu peningkatan pendapatan suami dalam kehidupan sehari-hari.

“Pelatihan ini diberikan karena selama ini banyak wanita nelayan yang belum tersentuh oleh berbagai program. Kegiatan ini diharapkan mampu mewujudkan program pemberdayaan wanita nelayan sebagi mata pencaharian alternatif bagi pengembangan wanita pesisir,” katanya.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini jelas Wahid, nantinya akan diteruskan dengan bimbingan dari beberapa instansi terkait melalui pemasaran hasil produk olahan yang dibuatnya sehingga bisa berdaya demi peningkatan kesejahteraan wanita nelayan.

“Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini, para wanita nelayan bisa memiliki kemampuan dalam mengolah hasil perikanan demi meningkatkan kesejahteraan hidupnya,” harapnya.

Sebelum diberi pelatihan, para wanita nelayan ini diberikan kisah sukses pelaku usaha hasil perikanan sebagai motivasi agar bisa membuat produk olahan hasil perikanan dengan baik. Produk yang dihasilkan meliputi nugget dan money bag. Mereka dilatih oleh narasumber dari SMKN 4 Probolinggo. (wan/ast)